Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia
Vol 2, No 1 (2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMAHAMAN PROSEDURAL MATEMATIKA SISWA MAN 2 KOTA BENGKULU

Susi Afriyeni (Unknown)
saleh haji (Unknown)
Connie Connie (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Model Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan prosedural. Design pada penelitian ini adalah Nonequipment Control Group Design dengan pretes-postes yang dilakukan dikelas X IPA 1 pada semester 1 Tahun Pelajaran 2016-2017 di MAN 2 Kota Bengkulu. Hasil penelitian  di analisis dengan menggunakan Anava Mix Design. Terdapat pengaruh Model Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan prosedural. Kemampuan pemahaman konsep dan pemahaman prosedural yang diajarkan dengan menggunakan model SQ3R lebih baik dari kemampuan pemahaman konsep  dan pemahaman prosedural yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Hasil kemampuan pemahaman konsep pada kelas kontrol 37,7 % dan kelas eksperimen 86,2 % sedangkan kemampuan pemahaman prosedural pada kelas kontrol 30,8 % dan kelas eksperimen 88,6 %. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpmr

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia telah memiliki P-ISSN: 2548-4435 (Media Cetak) dan E-ISSN : 2615-8752 (Media Online) yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu, yang memuat artikel-artikel yang berisi tentang hasil-hasil penelitian, telaah/tinjauan ...