PENDIPA Journal of Science Education
Vol 2, No 2 (2018): june

Pengembangan media pembelajaran kimia menggunakan video untuk mengukur kemampuan berfikir kritis siswa

Rina Endriani (Unknown)
Agus Sundaryono (Unknown)
Rina Elvia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2018

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk video pembelajaran kimia dan digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) pembelajaran kimia pada bahan minyak bumi dengan model Dick dan Carey, melalui tahapan: desain, validasi, revisi dan tes formatif untuk siswa kelas XI di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Kemampuan berpikir kognitif siswa dapat diukur dan dilihat dari hasil tes formatif, data yang diperoleh dalam bentuk data kuantitatif dan dilakukan analisis deskriptif untuk menilai kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil tes formatif, 13,3% siswa kurang kritis, 60% siswa kritis, 20% siswa kritis dan 6,67% sangat penting.Kata kunci: Pengembangan; media; pembelajaran kimia; video; berfikir kritis.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pendipa

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics

Description

PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher ...