CONSILIA
Vol 1, No 2 (2018)

PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN ASERTIVITAS SISWA SMPN KOTA BENGKULU

Rizki Mutia Faradita (FKIP Universitas Bengkulu)
Yessy Elita (FKIP Universitas Bengkulu)
Rita Sinthia (FKIP Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik assertive training terhadap kemampuan asertivitas siswa di SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test dan post-testdesign. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa dari kelas VIII 8 yang memiliki kemampuan asertivitas rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil uji statistik menggunakan uji z menunjukkan kemampuan asertivitas meningkat setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training, hal ini ditunjukkan dengan nilai z = -2.803dengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar  0.005 yang berarti 0.005< 0.05, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan kemampuan asertivitas siswa diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training. Kata kunci: kemampuan asertivitas, layanan konseling kelompok, assertive training

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

j_consilia

Publisher

Subject

Other

Description

Consilia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Consilia menerima artikel hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan dan psikologi. Consilia diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei dan ...