ABSTRAKPenelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten dengan menggunakan teknik pemodelan terhadap kecerdasan emosional siswa. Desain menggunakan one group pre-test post test design. Sampel terdiri atas tiga puluh siswa kelas VIII C kota SMP Negeri 11 Bengkulu. Instrumennya adalah kuesioner, Uji-coba menghasilkan 73 item dengan ? = 0,89 (‘sangat tinggi’). Pada pre-test, rerata kecerdasan emosional siswa adalah 168,26 ('sedang'). Perlakuan terdiri atas penjelasan, praktik dan kegiatan tambahan selama 5 pertemuan. Pada post test, reratanta adalah 195,42 ('tinggi'). Uji hipotesis dengan uji-t menunjukkan bahwa t = -27.161 (p <0,05). Dengan demikian, H0 ditolak sementara H1 diterima. Artinya ada pengaruh signifikan layanan penguasaan konten dengan menggunakan teknik pemodelan pada kecerdasan emosional siswa kelas VIII C SMP Negeri 11 Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan sejumlah implikasi terhadap teori dan praktik.Kata kunci: layanan penguasaan konten, teknik modeling, kecerdasan emosional
Copyrights © 2018