CONSILIA
Vol 1, No 1 (2018)

BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMA DI KOTA BENGKULU

Bayu Saputra (BK FKIP UNIB)
Pudji Hartuti (Unknown)
Arsyadani Mishbahuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2018

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik penguatan positif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X MIPA B di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pre-test post-test desain.Sampel penelitian ini sebanyak 10 orang siswa dari kelas X MIPA B di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu, yang diambil dengan teknik purposive sampling.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kepercayaan diri siswa.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik penguatan positif terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji perbedaan sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok terhadap tingkat kepercayaan diri siswa yaitu dengan menggunakan uji z yang hasilnya z= -2.805jadi p>0,05. Dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik penguatan positif berpengaruh terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Kata kunci: kepercayaan diri, bimbingan kelompok, teknik penguatan positif

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

j_consilia

Publisher

Subject

Other

Description

Consilia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Consilia menerima artikel hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan dan psikologi. Consilia diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei dan ...