CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Vol. 4 No. 2: September 2016

PENERAPAN METODE PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS IV DI SDN GALANG BULAN DESA JELANTIK KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUNPELAJARAN 2011-2012

Komang Sundara (Dosen PNS Dpk. Kopertis Wilayah VIII)
Muh. Basri (Dosen PNS Dpk. Kopertis Wilayah VIII)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2016

Abstract

Abstrak: Salah satu langkah untuk memiliki kemampuan mengajar yang baik adalah harus menguasai teknik-teknik penyajian atau biasa disebut metode mengajar. Metode merupakan salah satu komponen dalam proses belajar mengajar yang berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah apakah dengan penerapan model Pembelajaran Problem Based Instruduction  (PBI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV  di SDN   Galang Bulan Desa Jelantik Kec. Jonggat Kab. Lombok Tengah  tahun pelajaran 2011-2012?. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan model Pembelajaran Problem Based Instruduction  (PBI) dalam  meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV  di SDN   Galang Bulan Desa Jelantik Kec. Jonggat Kab. Lombok Tengah  tahun pelajaran 2011-2012.Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistic dengan menggunakan rumus Uji treatment (t). yaituHasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Problem Based Instruduction  (PBI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV  di SDN   Galang Bulan Desa Jelantik Kec. Jonggat Kab. Lombok Tengah  tahun pelajaran 2011-2012.. Hal ini terbukti dari  hasil perhitungan dengan menggunakan t-hitung   diperoleh nilai  sebesar 22, 97 langkah selanjutnya adalah membandingkan nilai tersebut dengan  nilai  t pada derajat kepercayaan 5% dan diperoleh hasil sebesar 2, 423 sehingga thitung >ttabel  (22,97>2, 423).

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

CIVICUS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Civicus merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram dengan e-ISSN 2614-509X dan p-ISSN 2338-9680. Adapun kajian publikasi jurnal Civicus yakni (1) Ilmu ...