Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 1, No 3 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Juli 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X-H SMAN 2 TOMIA PADA MATERI POKOK PERUBAHAN LITOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN

Safriani, Safriani (Unknown)
Ramli, Ramli (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2017

Abstract

"> Peneitian ini bertujuan untuk: 1) Meningkatkan aktivitas belajar Geografisiswa kelas X-H SMAN 2 Tomia dengan penerapan model pembelajaran ContextualTeaching and Learning (CTL) Materi pokok Perubahan Litosfer dan DampaknyaTerhadap Kehidupan; 2) Meningkatkan aktivitas mengajar guru di kelas X-H SMAN 2Tomia dengan penerapan model Pembelajaran contextual teaching and learning (CTL)Materi pokok Perubahan Litosfer dan Dampaknya Terhadap Kahidupan; 3) .Meningkatkan hasil belajar Geografi siswa kelas X-H SMAN 2 Tomia denganpenerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Materi pokokPerubahan Litosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. Dari hasil analisis datadisimpulkan bahwa: 1) Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus IIyang dilihat dari skor rata-rata pada siklus I yaitu 2,6 kategori cukup, meningkat padasiklus II menjadi 3,1 kategori baik; 2) Aktivitas guru meningkat, dari skor rata-rata padasiklus I sebesar 2,7 kategori cukup, meningkat pada siklus II Menjadi 3,4 kategori baik;3) Hasil belajar Geografi siswa kelas X-H SMA Negeri 2 Tomia mengalamipeningkatan, dimana pada siklus I persentase siswa yang tuntas 48% atau 12 orang dari25 siswa mencapai nilai KKM yang ditentukan sekolah yaitu ≥ 70 dan pada siklus IImeningkat menjadi 84% atau 21 orang.Kata Kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Siswa, Guru,Hasil Belajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...