AbstrakDalam pembelajaran tembang dolanan terdapat pendidikan karakter, tetapi karena pada sistem pengajaran di sekolah khususnyadi sekolah dasar masih sangat minim, maka pendidikan karakter jarang disentuh. Untuk itu perlu adanya strategi yang harusdilakukan guru supaya pendidikan karakter dapat tersampaikan dengan baik melalui materi tembang dolanan. Salah satu upayayang bisa dilakukan adalah dengan pengembangan bahan ajar berpendekatan SAVI pada materi nembang dolanan siswa kelasIV SD di mana dalam buku ajar tersebut terdapat juga pendidikan karakter yang sesuai dengan pendekatan SAVI. Hasil analisismenunjukkan bahwa dalam bahan ajar yang berupa buku ajar siswa berpendekatan SAVI pada materi tembang dolanan untuksiswa kelas IV SD terdapat pendidikan karakter dalam setiap langkah SAVI. Pada pembelajaran somatik, siswa diajak untukdisiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, cinta damai, demokratis, dan tanggung jawab, pada pembelajaran auditori siswadiajak untuk mandiri, toleransi, dan menambah rasa ingin tahu, pada pembelajaran visual siswa diajak untuk senantiasa cintatanah air, gemar membaca, dan pedul lingkungan, dan pada pembelajarn intelektual siswa diajak untuk lebih religius dan kreatif.
Copyrights © 2018