Philanthropy: Journal of Psychology
Vol 1, No 1 (2017)

Pengaruh Pelatihan Peer Group Counseling dalam meningkatkan Psychological Well-Being pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Fitria Linayaningsih (Department of Psychology, Faculty of Psychology, Semarang University, Indonesia)
Mulya Virgonita I.W. (Department of Psychology, Faculty of Psychology, Semarang University, Indonesia)
Anna Dian Savitri (Department of Psychology, Faculty of Psychology, Semarang University, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pelatihan Peer Group Counseling dalam meningkatkan Psychological Well-Being siswa menengah pertama. Peer group counseling merupakan suatu cara bagi para siswa (remaja) belajar bagaimana memperhatikan dan membantu anak-anak lain, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.   Psychological well-being sebagai suatu dorongan untuk menggali potensi diri individu secara keseluruhan. Kondisi well-being siswa disekolah dipengaruhi oleh tersedianya organisasi layanan dan konseling serta dipengaruhi oleh hubungan sosial baik dengan guru maupun dengan teman sebaya.   Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain one-group pre test post test design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D SMP Maria Mediatrix Semarang. Perlakuan yang diberikan yaitu pelatihan peer group counseling, efektivitas perlakuan tersebut diukur dengan membandingkan hasil pre-test dan post-test. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Psychological Well-Being. Metode analisa data menggunakan uji komparatif (uji t berpasangan).Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sumbangan pelatihan peer group counselingsebesar 51,9 %   terhadappsychological well being.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

philanthropy

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences Other

Description

Philanthropy: Journal of Psychology includes articles on the results of applied concepts and psychology studies that are within the scope of positive psychology and mental health issues. It accepts articles that are based on the thorough and systematic examination of psychological constructs from ...