Indonesian Journal of Primary Education
Vol 2, No 1 (2018): Indonesian Journal of Primary Education

Pengaruh Media Gambar dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar IPS

Purbayani, Rini (Unknown)
Marini, Arita (Unknown)
Fahrurrozi, Fahrurrozi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media gambar dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS. Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Sindangkasih dengan sampel siswa  kelas V A sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebanyak 30 orang  sebagai kelas kontrol yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian menggunakan desain treatment by level 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis varians dua jalur (ANOVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar menggunakan media gambar seri dengan siswa yang belajar menggunakan media flipchart; (2) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual dengan siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar auditorial; (3) terdapat interaksi antara media pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPS; (4) hasil belajar siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual yang belajar menggunakan media gambar seri lebih tinggi daripada yang belajar menggunakan media flipchart; (5) hasil belajar siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar auditorial yang belajar menggunakan media flipchart lebih tinggi daripada yang belajar menggunakan media gambar seri.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

IJPE

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Primary Education adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan dasar dan pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, ...