Indonesian Journal of Primary Education
Vol 1, No 2 (2017): Indonesian Journal of Primary Education: December 2017

Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Games Book terhadap Hasil Belajar IPS dan Keterampilan Sosial Siswa SD

Acep Saepul Rahmat (Universitas Negeri Jakarta)
M. Syarif Sumantri (Universitas Negeri Jakarta)
Deasyanti Deasyanti (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inquiry berbantuan media Games Book  terhadap kemampuan hasil belajar  IPS dan keterampilan sosial  siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan di SD Negeri Sukamanah 1 Kecamatan Cigalontang Tasikmalaya dengan sampel siswa  kelas IVA 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B dengan sampel siswa 30 orang sebagai kelas kontrol yang dilaksanakan pada semester 1 tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Teknik penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar tes hasil belajar kognitif dan lembar observasi pengamatan  perilaku  untuk mengetahui keterampilan sosial siswa  pada saat proses  pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, dengan terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan realibilitas serta Justivication expert dan uji norrmalitas dan homogenitas baik kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Inquiry ataupun kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Hasil pengujian menunjukan bahwa kedua kelas berdistribusi normal serta menunjukan homogenitas kedua kelas tersebut homeogen. Hasil penelitian menunjukan kenaikan rata-rata hasil belajar kognitif mata pelajaran IPS  kelas eksperimen dari 51,66 menjadi 82,83 sedangkan kelas Kontrol dari 54,83 menjadi 60,13. Adapun  aspek keterampilan sosial  menunjukan skor rata-rata kelas eksperimen dari 51  menjadi  dan 85 dari skor maksimal 120 dan keterampilan sosial untuk kelas kontrol memperoleh skor rata-rata dari 51,5 menjadi 59,5.  serta keefektifan proses pembelajaran apabila melihat rata-rata Normal Gain kelas eksperimen lebih tinggi  dibandingkan dengan kelas kontrol. Normal Gain hasil belajar kognitif  untuk kelas eksperimen mendapatkan nilai 0,79 dengan kategori cukup efektif, sementara kelas kontrol mendapatkan kategori tidak efektif dengan nilai 0,27. Normal Gain keterampilan sosial kelas eksperimen menunjukan nilai 0,84 dan kelas kontrol dengan  Normal Gain sebesar 0,36. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan hasil belajar kognitif dan keterampilan sosial siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial  kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran  inquiry lebih baik dari pada belajar kognitif dan keterampilan sosial siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial  kelas kontrol yang menerapkan metode pembelajaran ekspositori. Hal ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran  inquiry  terhadap hasil belajar dan keterampilan sosial siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

IJPE

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Primary Education adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan dasar dan pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, ...