Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin)
Vol 5, No 1 (2018): Juni

PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DAN ELEMEN MESIN

Sawawa, Danur (Unknown)
Solehudin, Agus (Unknown)
Sabri, Sabri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melihat gambaran faktor apa saja yang paling dominan mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik dan Elemen Mesin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan metode sensus dengan keseluruhan siswa kelas X TPM 1 program keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 6 Bandung Tahun Ajaran 2017-2018. Hasil penelitian menunjukkan gambaran ke enam variabel yang diteliti memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik dan Elemen Mesin. Hal ini dibuktikan dengan nilai Kaiser-Meyer-Olkin Measure of Sampling Adequacy yang lebih besar dari 0,5. Faktor-faktor dominan yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik dan Elemen Mesin yaitu dimulai dari aspek motivasi (0,858), aspek minat (0,757), aspek fisiologis (0,722), aspek keadaan sekolah (0,525), aspek lingkungan sosial (0,037), dan terakhir adalah aspek keadaan keluarga (0,037).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmee

Publisher

Subject

Education Mechanical Engineering

Description

Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap ...