Jurnal Pertanian Agros
Vol 18, No 2: Edisi Juli 2016

KEPEMIMPINAN DALAM UPAYA PENGOPTIMALAN PENGELOLAAN SUMBERDAYA MANUSIA UNTUK KEBERLANJUTAN KELOMPOK (Kasus Kelompok Tani Gisik Pranaji Desa Bugel Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo)

Dewandini, Sri Kuning Retno (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2016

Abstract

Kepemimpinan merupakan salah satu aspek penting dalam keberhasilan kelompok. Pemimpin kelompok memiliki peran yang menentukan bagi keberhasilan kelompok. Tidak adanya pemimpin akan membuat kelompok berjalan tanpa arah dan tujuan. Namun demikian, keberhasilan sebuah kelompok tidak hanya ditentukan oleh seorang pemimpin, tetapi juga ditentukan oleh para pengikutnya serta lingkungan yang mendukung. Kelompok tani Gisik Pranaji di Desa Bugel Panjatan Kabupaten Kulon Progo mampu bertahan karena peran kelompok tani. Untuk mempertahankan kelompok ini perlu dukungan dari pihak-pihak yang terlibat di dalamnya, termasuk semua anggota petani dan lingkungan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Pertanian Agros (JPA) is published by Faculty of Agriculture, Janabadra University and the Agribusiness Association of Indonesia (AAI). It available online supported by Directorate General of Higher Education - Ministry of Research, Technology, and Higher Education- Republic of Indonesia JPA ...