Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Vol 3, No 1 (2018): TEKS

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF DENGAN STRATEGI ANALISIS MODEL DAN STRATEGI KERJA BERPASANGAN BERMUATAN KONTEKS SOSIAL PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN MENULIS MAHASISWA ANGKATAN 2016/2017 UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Azzah Nayla (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi analisis model dan kerja berpasangan bermuatan konteks sosial pada mata kuliah pembelajaran menulis dapat meningkatkan kemampuan menulis kreatif pada mahasiswa angkatan 2016/2017 Universitas PGRI Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Adapun tindakan yang direncanakan dalam penelitian ini menggunakan proses tindakan siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah. Langkah-langkah yang akan ditempuh yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mahasiswa pada tahap pemunculan ide, pengembangan ide, penulisan draf awal penulisan kreatif melalui strategi analisis model dan kerja berpasangan bermuatan konteks sosial. Pada siklus I, dosen menampilkan gambar-gambar peristiwa dan aktivitas mahasiswa masing-masing. Hal ini mengakibatkan pemunculan ide yang banyak namun kurang beragam, yaitu hanya mengangkat seputar peristiwa dan aktivitas mahasiswa di perguruan tinggi. Pada siklus II, dosen menampilkan gambar-gambar peristiwa yang tidak hanya berisi peristiwa dan aktivitas mahasiswa di perguruan tinggi, tapi juga menampilkan gambar-gambar peristiwa dan kejadian dalam masyarakat yang lebih luas dengan menyesuaikan kondisi lingkungan sosial mahasiswa. Hasilnya, ide-ide yang diangkat mahasiswa semakin beragam, tidak hanya seputar dunia remaja namun juga mengangkat masalah-masalah dalam kehidupan masyarakat sosial secara luas.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

teks

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah TEKS Program S2 PBSI memuat hasil analisis, pemikiran, dan penelitian yang berkaitan dengan bahasa, sastra, dan pengajarannya. Terbit dua kali dalam setahun. Dikelola dengan penanggung jawab ketua program studi, dan diterbitkan atas dukungan penuh Universitas PGRI Semarang. Manajerial ...