JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)
Vol 4, No 1 (2017): JMBI VOL 4 NO 1

PERBANDINGAN TINGKAT PELAYANAN TERHADAP KONSUMEN INDOMARET DAN ALFAMART KAROMBASAN

Walangitan, Mac Donald (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2018

Abstract

Indomaret dan Alfamart  merupakan contoh bisnis retail di Indonesia yang merupakan market leader dibidangnya. Kedua perusahaan ini merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari. Namun permasalah yang dihadapi Indomaret dan Alfamart adalah posisi mereka yang selalu berdekatan. Namun permasalahan tersebut bukan menjadi penghambat bagi keduanya. Hal tersebut diakibatkan oleh mereka berada pada pangsa pasar yang sama, menjual produk yang seragam serta berada dipusat keramaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat pelayanan terhadap konsumen indomaret dan alfamart karombasan.Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian komparatif dengan teknik analisis data uji beda. Data diperoleh dengan cara membagikan kuisioner pada 100 orang responden indomaret karomabsan dan 100 orang responden alfamart karombasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan kualitas pelayanan terhadap konsumen Indomaret dan Alfamart di Karombasan dengan tingkat pelayanan yang paling baik adalah tingkat pelayanan Indomaret Karombasan. Indomaret Karombasan harus mempertahankan kualitas pelayanan yang sudah diterapkan selama ini agar supaya konsumen akan merasa nyaman dan terus melakukan keputusan pembelian di Indomaret Karombasan. Alfamart sebaiknya meningkatkan kualitas pelayanan terhadap konsumenKata Kunci :tingkat pelayanan, Indomaret, Alfamart

Copyrights © 2017