Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran tipe TAI dan CIRC. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan post test untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran tipe TAI dan CIRC. Dari hasil analisis data terbukti terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika antara model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan tipe CIRC pada materi lensa di kelas VIII SMP Negeri 27 Samarinda. Nilai rata-rata hasil belajar untuk kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI adalah 77,57 dan nilai rata-rata hasil belajar untuk kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC adalah 71,08. Hasil penelitian ini diuji dengan uji statistik berupa pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t homogen. Berdasarkan analisis data maka diperoleh harga thitung yaitu 2,884 dan ttabel dengan tingkat kepercayaan 5% pada tingkat signifikan untuk uji dua ekor adalah 1,666. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel ( maka Hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran tipe TAI dan CIRC pada materi lensa di kelas VIII SMP Negeri 27 Samarinda”.
Copyrights © 2017