KEGURU "Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar"
Vol 1 No 1 (2017): Juli 2017

Perbedaan Pembelajaran Team Assisted Individualization (Tai) Dan Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Pada Peserta Didik Kelas Viii (Materi Lensa)

Ulva, Siti Maria (Unknown)
Damayanti, Puardmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran tipe TAI dan CIRC. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan post test untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran tipe TAI dan CIRC. Dari hasil analisis data terbukti terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika antara model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan tipe CIRC pada materi lensa di kelas VIII SMP Negeri 27 Samarinda. Nilai rata-rata hasil belajar untuk kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI adalah 77,57 dan nilai rata-rata hasil belajar untuk kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC adalah 71,08. Hasil penelitian ini diuji dengan uji statistik berupa pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t homogen. Berdasarkan analisis data maka diperoleh harga thitung yaitu 2,884 dan ttabel dengan tingkat kepercayaan  5% pada tingkat signifikan untuk uji dua ekor adalah 1,666. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel ( maka Hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran tipe TAI dan CIRC pada materi lensa di kelas VIII SMP Negeri 27 Samarinda”.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

KGU

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics

Description

Jurnal KEGURU adalah Jurnal Jurnal berkala yang terbit dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli serta dapat diakses secara bebas oleh pengguna atau institusi tanpa biaya, dan sudah memiliki nomor ISSN: 2579-9924 (ISSN online) dan 2579-9878 (ISSN ...