Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 1 No 2 (2017): Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia

PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) PADA POKOK BAHASAN REAKSI OKSIDASI REDUKSI DI KELAS X SMA

Yeva Olensia (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pokok bahasan reaksi oksidasi reduksi, hal ini disebabkan karena rendahnya keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is A Teacher Here (ETH). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is A Teacher Here (ETH) dan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan reaksi oksidasi reduksi di kelas X di SMAN 1 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X semester II SMAN 1 Gunung Talang pada tahun ajaran 2010/2011. Sampel dari penelitian diambil dengan teknik Random Sampling. Sebagai kelas eksperimen adalah kelas SKU dan kelas kontrol adalah kelas SSN4. Hasil belajar yang diungkapkan pada penelitian ini berupa hasil belajar ranah kognitif. Uji hipotesis digunakan dengan menggunakan uji-t, karena sampel terdistribusi normal dan homogen. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is A Teacher Here (ETH) lebih tinggi secara signifikan dari hasil belajar siswa dengan menggunakan metode konvensional. Setelah dilakukan uji-t pada taraf signifikan 0.05 diperoleh thitung = 4.51 dan ttabel = 1.99 (thitung > ttabel) berarti hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is A Teacher Here (ETH) lebih tinggi secara signifikan dari hasil belajar siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan reaksi oksidasi reduksi di kelas X SMAN 1 Gunung Talang.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

orbital

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

The current issue of Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia contains five articles coverings topics related to chemistry and chemistry education which include study of chemical literacy capabilities, Think-Talk-Write learning strategy, cooperative learning model, metal content and pH analysis of river ...