Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 1 No 2 (2017): Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia

PEMANFAATAN ZEOLIT ALAM TERMODIFIKASI SURFAKTAN HDTMA-Br (HEXADECYLTRIMETHYLAMMONIUM BROMIDE) SEBAGAI ADSORBEN ANION NITRAT (NO3-)

Pandu Jati Laksono (UIN Raden Fatah)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui zeolit termodifikasi surfaktan HDTMA-Br dapat menyerap anion anorganik toksik nitrat (NO3-), (2) Mengetahui waktu kontak optimum yang dibutuhkan untuk penyerapan anion anorganik toksik NO3- oleh zeolit alam termodifikasi surfaktan HDTMA-Br (3) Mengetahui konsentrasi surfaktan optimum yang dibutuhkan untuk penyerapan anion anorganik toksik NO3- oleh zeolit alam termodifikasi surfaktan HDTMA-Br. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Zeolit yang digunakan adalah zeolit alam yang berasal dari Wonosari Klaten. Zeolit alam termodifikasi surfaktan HDTMA-Br dikarakterisasi dengan FTIR dan SEM: (1) karakterisasi menggunakan FTIR untuk mengetahui gugus fungsi yang ada dalam zeolit, (2) SEM untuk menentukan struktur permukaan dari zeolit (3) Penentuan kadar terserap anion nitrat oleh zeolit alam termodifikasi surfaktan HDTMA-Br dilakukan dengan menggunakan spektroskopi Uv-vis Kesimpulannya adalah: (1) zeolit termodifikasi surfaktan HDTMA-Br dapat digunakan sebagai adsorben anion nitrat (NO3-), (2) waktu kontak optimum yang sesuai untuk adsorpsi anion nitrat (NO3-) oleh adsorben zeolit termodifikasi surfaktan HDTMA-Br adalah 40 menit (3) konsentrasi surfaktan optimum yang sesuai untuk adsorpsi anion nitrat (NO3-) oleh adsorben zeolit termodifikasi surfaktan HDTMA-Br adalah 5 g/L dengan penyerapan anion nitrat (NO3-) sebesar 75,13%. Kata kunci : modifikasi, zeolit, surfaktan HDTMA-Br, adsorpsi, nitrat

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

orbital

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

The current issue of Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia contains five articles coverings topics related to chemistry and chemistry education which include study of chemical literacy capabilities, Think-Talk-Write learning strategy, cooperative learning model, metal content and pH analysis of river ...