PROSIDING KOMUNIKASI
PROSIDING : AKSELERSI PEMBANGUNAN MASYARAKAT LOKAL MELALUI KOMUNIKASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI (BUKU

PENERAPAN E-COMMERCE PADA UMKM SULAM AIRGUCI DI KALIMANTAN SELATAN

Alif, Muhammad (Unknown)
Septiana, Nurmelati (Unknown)
Septiana, Nurmelati (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2017

Abstract

Perdagangan melalui saluran elektronik atau juga bisa disebut sabagai e-dagang (Electronic Commerce / e-commerce) pada saat ini berkembang pesat. E-dagang atau e-commerce meruapakan bagian dari kegiatan e-business, yang mana cakupannya sangat luas, bukan hanya berkaitan dengan perniagaan tetapi juga pengkolaborasian partner bisnis, pelayanan kepada nasabah, dll. Salah satu bisnis yang berbasis internet adalah toko online. toko online merupakan sebuah website yang berfungsi untuk menawarkan secara langsung kepada konsumennya. Penggunaa toko online saat ini sudah dimanfaatkan salah satunya adalah sektor Usaha Kecil Menengah. Dikalimantan selatan UMKM yang sangat maju pada saat ini adalah UMKM sulam Air Guci. Kerajinan Airguci merupakan kerajinan tradisional yang telah di wariskan secara turun menurun dan masih bertahan sampai saat ini. Kerajian ini merupakan kerajinan yang tidak semua orang bisa, kerena tingkat kerumitan yang sangat tinggi. Dari beberapa pengerajin sudah mulai memanfaatkan tekhnologi dalam memasarkan produk mereka. Pada penelitian ini, akan mengkaji penerpan ecommerce UMKM sulam airguci di kalimantan selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif, adapun lokasi penelitian berada di kalimantan selatan, yakni pengerajin airguci, teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dan mempergunakan triangulasi data sebagai teknik analisa data. Kesimpulan dari masalah tersebut adalah, penggunaan e-commerce pada borneo etnik dan toko permata online hanya sebatas promosi, belum kepada proses jual beli yang intens, dan kendalanya adalah para pelaku usaha UMKM ataupun para pegawainya belum memahami bagaiman cara penggunaan e-commerce ini, baik dengan bentuk Web ataupu sosial media. Kata kunci : e-commerce, UMKM, sulam airguci

Copyrights © 0000