Perdagangan melalui saluran elektronik atau juga bisa disebut sabagai e-dagang
(Electronic Commerce / e-commerce) pada saat ini berkembang pesat. E-dagang atau
e-commerce meruapakan bagian dari kegiatan e-business, yang mana cakupannya
sangat luas, bukan hanya berkaitan dengan perniagaan tetapi juga pengkolaborasian
partner bisnis, pelayanan kepada nasabah, dll. Salah satu bisnis yang berbasis internet
adalah toko online. toko online merupakan sebuah website yang berfungsi untuk
menawarkan secara langsung kepada konsumennya. Penggunaa toko online saat ini
sudah dimanfaatkan salah satunya adalah sektor Usaha Kecil Menengah. Dikalimantan
selatan UMKM yang sangat maju pada saat ini adalah UMKM sulam Air Guci.
Kerajinan Airguci merupakan kerajinan tradisional yang telah di wariskan secara turun
menurun dan masih bertahan sampai saat ini. Kerajian ini merupakan kerajinan yang
tidak semua orang bisa, kerena tingkat kerumitan yang sangat tinggi. Dari beberapa
pengerajin sudah mulai memanfaatkan tekhnologi dalam memasarkan produk mereka.
Pada penelitian ini, akan mengkaji penerpan ecommerce UMKM sulam airguci di
kalimantan selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe
deskriptif, adapun lokasi penelitian berada di kalimantan selatan, yakni pengerajin
airguci, teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi dan mempergunakan triangulasi data sebagai teknik analisa data.
Kesimpulan dari masalah tersebut adalah, penggunaan e-commerce pada borneo etnik
dan toko permata online hanya sebatas promosi, belum kepada proses jual beli yang
intens, dan kendalanya adalah para pelaku usaha UMKM ataupun para pegawainya
belum memahami bagaiman cara penggunaan e-commerce ini, baik dengan bentuk
Web ataupu sosial media.
Kata kunci : e-commerce, UMKM, sulam airguci
Copyrights © 0000