Pemanfaatan e-governmentditujukan untuk membuat manajemen dan kerja
pemerintahan bisa lebih efektif dan efisiandalam mencapai prinsip-prinsip good
governance. Baik dalam hal kecepatan proses adminitrasi, perizinan, ataupun sosialisasi
kebijakan-kebijakan pemerintah pada masyarakat dan pelaku bisnis lainnya. Melalui egovernment hubungan antara Pemerintah, pelaku bisnis.setor swasta dan masyarakat
bisa lebih responsif, efektif, efisien, transparan dan akuntabel. Konsep baik dari egovernment ini mendapat respon positif dari pemerintah dan lembaga publik, maka
bermunculanlah situs-situs web e-governmet untuk kepentingan pelayanan publik dan
administrasi internal. Akan tetapi pada perjalanannya, penerapan e-government ini
belum maksimal, terlihat dariperingkat EGDI (E-Government Development Index)
Indonesia yang masih rendah. Hambatan infrastruktur yang menjadi salahsatu penyebab
bisa dijembatani dengan e-government melalui media sosial. Karakter media sosial yang
partisipatif dan terbuka serta pemanfaatannya yang sangat tinggi di Indonesia menjadi
peluang kuat bagi pemerintah untuk menerapkan e-government. Namun, pengelolaan
media sosial pemerintahan masih membutuhkan optimalisasi sehingga prinsip-prinsip
good governance yang diharapkan bisa tercapai.
Kata kunci: e-government, media sosial, good governance.
Copyrights © 0000