Jurnal INSYPRO (Information System and Processing)
Vol 3 No 2 (2018)

Implementasi Self Organizing Maps (SOM) Klasifikasi Penduduk untuk Menentukan Keputusan Pembangunan Daerah Prioritas Miskin (Studi Kasus Kota Makassar)

Asrul Azhari Muin (Sistem Informasi Fakultas Sain Dan Teknologi Uin Alauddin)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2018

Abstract

Indikator kemiskinan merupakan masalah yang terjadi di semua negara yang tidak pernah dapat di selesaikan secara tuntas. Dampak tidak langsung dari aktifitas pembangunan yang hanya beriorentasi kepada pertumbuhan telah mengakibatkan terjadinya kesenjangan social. Sulitnya merancang program pengentasan kemiskinan apabila didasarkan pada skala kecil studi kualitatif , yang hasilnya tidak dapat dengan mudah divalidasi untuk kelompok yang lebih besar. Self Oragnizing map (SOM) jaringan saraf, disebut juga neural network Kohonen merupakan metode yang efektif  untuk menganalisis data multidimensi. Jaringan ini dapat digunakan untuk analisis cluster sambil mempertahankan data  struktur (topologi), SOM merupakan model atau metode yang tingkat akurat cukup baik untuk mengklasifikasi sebuah tempat, daerah, wilayah, benda.  Hasil akhir dalam penelitian ini adalah sistem informasi klasifikasi tingkat kemiskinan yang menghasilkan informasi pemetaan penduduk miskin berdasarkan karekteristik demografi, pendidikan, ketenagakerjaan, perumahan dan membantu pengambilan kebijakan dalam pemerataan program kemiskinan sehingga dapat melakukan pembangunan daerah secara prioritas. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

insypro

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Insypro adalah jurnal yang bergerak di bidang Sistem Informasi, hadir untuk diharapkan mampu mengembangkan riset pada bidang sistem informasi di Indonesia dan dunia internasional secara ...