Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan pembelajaran Van Hiele terhadap hasil belajar siswa pada materi garis singgung persekutuan di kelas VIII SMP Negeri 16 Palu. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran Van Hiele efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi garis singgung persekutuan di kelas VIII SMP Negeri 16 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan One-Shot Case Study Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Palu yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 dan terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 34 siswa dan siswa kelas VIII E yang berjumlah 31 siswa yang kedua kelas tersebut dijadikan kelas eksperimen. Hasil analisis data dari tes akhir diperoleh nilai rata-rata siswa kelas VIII B 77,97 dengan standar deviasi 9,23 dan nilai rata-rata siswa kelas VIII E 73,63 dengan standar deviasi 14,76. Adapun persentase ketuntasan yang diperoleh siswa kelas VIII B dan VIII E pada materi garis singgung persekutuan masing-masing 70,59 % dan 69,23 %. Persentase ketuntasan tersebut melebihi persentase minimal efektivitas pembelajaran yaitu 68% sehingga berada pada kategori efektivitas baik. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan data tes akhir siswa kelas VIII B diperoleh dan pada dk = 33 dan taraf signifikan 0,05, serta perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan data tes akhir siswa kelas VIII E diperoleh dan pada dk = 25 dan taraf signifikan 0,05, karena dari kedua kelas tersebut memberikan hasil yang sama yaitu , maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Van Hiele efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi garis singgung persekutuan di kelas VIII SMP Negeri 16 Palu.Kata Kunci: Efektivitas; Pembelajaran Van Hiele; Hasil Belajar
Copyrights © 2018