JURNAL TARBIYAH
Vol 24, No 1 (2017)

PENGEMBANGAN HANDOUT UNTUK SISWA KELAS V SD N 14 KOTO BARU PADA MATERI BERMAIN DRAMA

Kelik Purwanto (Universitas Dharmas Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah handout pada materi bermain drama untuk kelas V Sekolah Dasar Negeri 14 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya sehingga dapat mengatasi masalah yang ada di sekolah tersebut. Salah satu permasalahanya adalah belum adanya handout materi bermain drama di sekolah serta materi bermain drama sangat sedikit ini lah salah satu alasan penulis ingin mengembangkan handout di Sekolah Dasar Negeri 14 Koto Baru pada materi bermain drama. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menghasilkan suatu produk, langkah-langkah pengembangan menggunakan model yang dikemukakan oleh Sugiyonoyang terdiri dari sepuluh tahap, namun pada pengembangan ini penulis hanya menggunakan sembilantahap yaitu:1) Identifikasi masalah, 2) Pengumpulan informasi, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Perbaikan desain, 6) Uji coba produk, 7) Revisi produk, 8) Uji coba pemakaian, 9) Revisi pada tahap akhir. Validasi dilakukan oleh dosen. Kepraktisan handout dilakukan oleh guru. Hasil penelitian pada uji validasi diperoleh persentase rata-rata 81,72% berada pada kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas dari respon guru persentase rata-ratanya adalah 81,25% berada pada kategori sangat praktis.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

tarbiyah

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Tarbiyah Journal published by Tarbiyah Science and Teacher Training Faculty, State Islamic University of North Sumatera Medan, Medan City, North Sumatera Province,Indonesia Tarbiyah Journal is published since 1993 for Vol.1, No.1 and have gotten ISSN on May 29, 2007. This journal focuses on ...