Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas
Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Pengabdian Masyarakat ABDIMAS

PENYULUHAN PEMODELAN FASILITAS KOLAM RENANG SEBAGAI SARANA PENUNJANG MASYARAKAT PADA SEKTOR PARIWISATA PORSEA KABUPATEN TOBASA – SUMATERA UTARA

Viter M, Jhon ( Fakultas Desain dan Industri Kreatif, Universitas Esa Unggul Jalan Terusan Arjuna Tol Tomang – Kebun Jeruk, Jakarta 11510)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2017

Abstract

AbstractProgress of a region is very good for the community, it is certainly demands a good development in various sectors of infrastructure built and continue to be developed. Through the implementation of community service, local people are given material counseling in developing tourism area in Porsea North Sumatera especially to be able to contribute and solve local community problems so as to create an opportunity to continuously improve local welfare level. In the method of implementation of this activity is done by providing knowledge mapping area of study location to the community, after that it performs the applied concept such as methods undertaken among others through observation and know the potential of the derah both from the work of craft and natural potential, while the application of methods of data analysis using analysis to solve the problem of tourism development in Porsea itself The application of the applied concept focuses on the segmentation of nature tourism, where nature tourism in Porsea is very potential and has a strong appeal to the people of Indonesia and foreign tourists who want to try the potential of the mountains and the exotic Toba lake and its facilities. The conclusion of the results of this activity is the application of the concept of design that is taught to the surrounding community to be applied in order to improve the quality of the flow layout and the interesting design to change the new paradigm and pengatahuan, namely by increasing the interest of visitors as supporting facilities and main attraction. This is the basis of dedication to the community through the application of the concept of a Facility as a media campaign, developed into the key to bring the identity as a tourist attraction and potential areas so that the area is able to contribute to the local community. Keywords: design, porsea North Sumatra, tourism AbstrakKemajuan suatu daerah sangatlah baik bagi masyarakat, hal ini tentunya menuntut adanya pengembangan baik diberbagai sektor infrastruktur yang dibangun dan terus dikembangkan. Melalui kegiatan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini, masyarakat setempat diberikan penyuluhan materi dalam mengembangkan daerah pariwisata di Porsea Sumatera Utara khususnya agar mampu berkontribusi dan memecahkan permasalahan masyarakat setempat sehingga menciptakan peluang untuk terus meningkatkan  taraf kesejahteraan daerah setempat. Dalam Metode pelaksanaannya kegiatan ini dilakukan dengan cara memberikan pengetahuan mapping daerah lokasi kajian kepada masyarakat, setelahnya itu melakukan konsep terapan seperti Metode yang dilakukan antara lain melalui observasi dan mengetahui potensi derah tersebut baik dari hasil karya kerajinan dan potensi alam tersebut, sedangkan penerapan metode analisis datanya menggunakan analisa untuk memecahkan masalah pengembangan penunjang pariwisata di Porsea  itu sendiri Penerapan konsep yang diterapkan berfokus pada segmentasi pariwisata alamnya, dimana wisata alam yang terdapat di Porsea  sangat berpotensi dan memiliki daya tarik yang kuat bagi masyarakat Indonesia dan para turis asing yang ingin mencoba potensi daerah pegunungan dan danau Toba  yang eksotis beserta sarana yang diberikan. Kesimpulan dari hasil kegiatan ini adalah adanya penerapan konsep perancangan yang diajarkan kepada masyarakat sekitar untuk diterapkan supaya meningkatkan kualitas flow tataletak dan desain yang menarik merubah paradigma dan pengatahuan yang baru, yaitu dengan meningkatkan minat pengunjung sebagai penunjang sarana dan daya tarik utama.   Inilah yang menjadi dasar pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan konsep suatu Fasilitas sebagai media promosi, yang dikembangkan menjadi kunci memunculkan identitas sebagai daya tarik pariwisata dan potensial daerah tersebut sehingga daerah tersebut mampu berkontribusi bagi masyarakat setempat. Kata kunci: desain, porsea Sumatera Utara, pariwisata

Copyrights © 2017