Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantukan media simulasi PhET dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian “Quasi Eksperimen” dengan desain “pretse-postes two group”. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan cara “cluster random sampling” sehingga mendapatkan dua kelas sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar ranah kognitif dari C1 hinggan C6 yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Setelah diuji normalitas dan homogenitas darit data yang didaptkan selanjutnya dilakukan uji t pada postes. Hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa nilai thitung (2,394) > ttabel (1,982) sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games-Tournaments) berbantukan media simulasi PhET terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa pada materi pokok elastisita.
Copyrights © 2018