Jurnal Elementaria Edukasia
Vol 1, No 1 (2018)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MEDIA GAMBAR DI KELAS I SD NEGERI 222 PASIR POGOR

Siti Saonah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2018

Abstract

Kemampuan membaca dan menulis permulaan di kelas I adalah pondasi yang menentukan bagi peserta didik untuk melangkah ke tingkat berikutnya. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut peneliti menggunakan media gambar sebagai salah satu alternatif cara. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom activity research) berdasarkan alur siklus PTK Kemmis dan McTaggart. Kemampuan membaca dan menulis peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini menunjukkan peningkatan dari kondisi awal sebelum dilakukan penelitian nilai rata-rata sebesar 64. Dengan adanya penelitian meningkat menjadi 78 dari standar ketuantasan minimal yaitu 70. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis peserta didik di kelas I Sekolah Dasar Negeri 222 Pasirpogor Kecamatan Rancasari Kota Bandung. Kata kunci: kemampuan membaca dan menulis permulaan, media gambar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). ...