Jurnal Elementaria Edukasia
Vol 1, No 1 (2018)

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS V SDN SUNIA II MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS)

Cupyana Tajudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kondisi motivasi belajar siswa Kelas V SDN Sunia II pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, 2) Mengetahui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) dapat meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa Kelas V SDN Sunia II. Penelitian ini dilakukan di Kelas V Semester 1, program pengajaran tahun 2016/2017di SDN Sunia II, dengan jumlah Kelas V sebanyak 30 siswa, kondisi kekhususan siswa ini memungkinkan tingkat kemampuan dan daya serap siswa tersebut sangat bervariasi. Peneliti adalah guru Pendidikan Agama Islam di SDN Sunia II. Hasil belajar siswa Kelas V SDN Sunia II Kecamatan Banjaran pada kompetensi dasar tentang Mengartikan QS Al Lahab dan Al Kafirun dapat mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah diterapkan kegiatan pembelajaran melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) 2)  Nilai rata-rata pemahaman siswa dalam memperhatikan permasalahan, pada siklus pertama sebesar 72 pada siklus kedua pada siklus kedua sebesar 77 sedangkan pada siklus ketiga sebesar 84, tergolong baik demikian juga tentang ketuntasan belajar pada siklus pertama 61 % dan pada siklus kedua menjadi 83. % sedangkan pada siklus ketiga menjadi 100 %3) Aktifitas siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran dapat meningkat sehingga kegiatan pembelajaran menjadi lebih berpusat pada siswa. Kata kunci: Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). ...