Jurnal Elementaria Edukasia
Vol 1, No 1 (2018)

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS VI SEKOLAH DASAR

Samsidar Samsidar (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2018

Abstract

Pembelajaran IPA di sekolah dasar sebagian besar masih menggunakan metode konvensional. Ceramah, penugasan dan latihan-latihan dari guru masih mendominasi pembelajaran di kelas. Pembelajaran yang melibatkan aktivitas bersifat jarang dilakukan. Guru masih menjadi sentral dalam menginformasikan fakta dan konsep melalui metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA di kelas VI SDN 263 Rancaloa Kota Bandung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan. Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas VI. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai prasiklus, siklus I dan siklus II yang meningkat dari 61,5 menjadi 67,5 pada siklus I dan 79 pada siklus II. Kata kunci: Model kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar IPA

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). ...