Jurnal Elementaria Edukasia
Vol 1, No 1 (2018)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG CAHAYA DAN SIFAT – SIFATNYA MELALUI PENGGUNAAN METODE INQUIRI PADA SISWA KELAS VI SDN BALAGEDOG I KECAMATAN SINDANGWANGI

Kusnadi Kusnadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2018

Abstract

Materi Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ), merupakan suatu rangkaian konsep yang saling berkaitan dan berkembang dapat dilihat dari hasil eksperimen dapat berupa suatu penemuan. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )  sebagai wahana bagi pseserta didik dalam mempelajari lingkungan sekitar, untuk lebih menerapkan di dalam kehidupan sehari – hari. Berdasarkan observasi dilapangan dan wawancara dengan guru IPA, peneliti menarik kesimpulan hasil belajar peserta didik selama ini belum mencapai KKM yang ditentukan. Bahwa dalam pembelajaran IPA di kelas VI setelah diterapkan metode inquiri pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifat – sifatnya  di SDN Balagedog I. hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode inquiri untuk pembelalajaran IPA siswa kelas VI SDN Balagedog I. Penggunaan  metode inquiri terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI SDN Balagedog I. kegiatan belajar peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar yang dilakukan peserta didik pada siklus I memperoleh nilain rata – rata dari data pra tindakan yaitu 4.8 naik menjadi 74.2 pada siklus I. kemudian dilihat dari jumlah siswa yang nilainya mencapai KKM pada data awal hanya 6 peserta didik atau 24% menjadi 13 peserta didik atau 52% pada siklus I, sehingga ada peningkatan dari jumlah siswa sebesar 28%. Berdasarkan hasil tes hasil belajar siklus I tersebut masih ada 12 peserta didik yang dinyatakan belum mencapai KKM. Kata Kunci: Metode Inquiri, Hasil Belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). ...