Master Bahasa
Vol 6, No 2 (2018)

Pelaksanaan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Teks Eksposisi pada SMA di Kota Banda Aceh

Muliana Muliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2018

Abstract

Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah mendiskripsikan (1) pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran teks eksposisi pada SMA di Kota Banda Aceh, (2) kendala pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran teks eksposisi pada SMA di Kota Banda Aceh, dan (3) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran teks eksposisi pada SMA di Kota Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas X pada SMA di Kota Banda Aceh, pengamatan pelaksanaan penilaian autentik, dan dokumen pelaksanaan penilaian autentik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Indonesia kelas X pada SMA di Kota Banda Aceh (1) secara umum telah melaksanakan penilaian autentik dalam pembelajaran teks eksposisi, (2) mendapat kendala yang berhubungan dengan siswa dan waktu dalam pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran teks eksposisi, dan (3) melakukan upaya untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran teks eksposisi. Simpulan penelitian ini adalah pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran teks eksposisi pada SMA di Kota Banda Acehn sudah dilaksanakan dengan baik sesuai ketetapan kurikulum 2013.

Copyrights © 2018