Seminar Nasional Kota Berkelanjutan
2018: Prosiding Seminar Nasional Kota Berkelanjutan

Penilaian Walkability Score Index pada Pusat Pelayanan dalam Menuju Kota Malang Berkelanjutan (Assessment of Walkability Score Index at Services Center Towards Sustainable Malang City)

Maria C. Endarwati (Perencanaan Wilayah dan Kota, FTSP, Institut Teknologi Nasional Malang 65145, Jawa Timur)
Arief Setyawan (Perencanaan Wilayah dan Kota, FTSP, Institut Teknologi Nasional Malang 65145, Jawa Timur)
Oktoviani Marison (Perencanaan Wilayah dan Kota, FTSP, Institut Teknologi Nasional Malang 65145, Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
26 May 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui seberapa ramah dan mengetahui skor Pusat Pelayanan Kota Malang untuk berjalan kaki dengan menganalisis walkability index dan juga meninjau tingkat pelayanan pejalan kaki. Hasil perhitungan analisis perjalan kaki berdasarkan Tingkat Pelayanan Pejalan kaki (LOS) pada Pusat pelayanan Kota Malang diperoleh standar LOS A seharusnya tidak terdapat konflik, namun faktanya di lokasi penelitian terdapat konflik antara pejalan kaki dengan pedagang kaki lima, maupun hambatan sehingga ini mempengaruhi hasil akhir dari tingkat pelayanan pejalan kaki, yang berdasarkanperhitungan memperoleh LOS A menjadi LOS B dimana pada tingkat pelayanan ini, pejalan kaki bebas memilih kecepatan, tetapi terjadi sedikit konflik, yang menyebabkan pejalan kaki harus memilih alur serta untuk hasil analisis Global Walkability index pada pusat Pelayanan Kota Malang di peroleh walkabilityscore 37,4 dengan kriteria sedikit fasilitas yang dapat di jangkau dengan berjalan kaki.Kata Kunci: pejalan kaki, tingkat pelayanan, walkability

Copyrights © 2018