Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Vol 2, No 4 (2017): November 2017

Komunikasi Antarpribadi Murid Tunarungu-Wicara dalam Proses Penyesuaian Diri terhadap Lingkungan Sosial

Shahira Ulfa (Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala)
Ade Irma (Fakultas Dakwah Komunikasi UIN Ar-Raniry)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2017

Abstract

ABSTRAK - Penelitian ini berjudul Komunikasi Antarpribadi Murid Tuna Rungu Wicara dalam Proses Peyesuaian Diri terhadap Lingkungan Sosial di YPAC (Yayasan Pembinaan Anak Cacat) I Kota Banda Aceh, tujuan penelitian ntuk menjelaskan komunikasi antarpribadi murid tuna rungu-wicara di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) I Kota Banda Aceh dalam penyesuaian diri terhadap lingkungan sosial di usia remaja, untuk mengetahui upaya yang dilakukan murid tuna rungu-wicara di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) di Kota Banda Aceh dalam mengatasi hambatan komunikasi antarpribadi dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial di usia remaja. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori interaksi simbolik. Pendekatan yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Sebanyak lima orang informan dipilih dengan kriteria merupakan murid di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Banda Aceh, informan dipilih berdasarkan usia remaja 16-21 tahun., informan merupakan siswa yang mendapatkan persetujuan dari para guru di YPAC karena ketika melakukan penelitian nantinya akan didampingi oleh guru yang bersangkutan. Pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara mendalam dan observasi. Dari penelitian ini diperoleh hasil omunikasi antarpribadi murid tuna rungu dan tuna wicara dalam berinteraksi menggunakan bahasa isyarat abjad jari, gerak tubuh dan tulisan. Upaya yang dilakukan dengan berbaur dan bergaul seperti anak normal lainnya, memahami keadaan di lingkungan sosial, mencari orang-orang yang mau berkomunikasi dan menerima kekurangan yang dimiliki dari penyandang tuna rungu-wicara.Interpersonal Communication of Deaf and Mute Students in Self-Adjustment Process on  Youth Social Environment ABSTRACT - This research entitled Interpersonal Communication of Deaf and Mute Students in Self-Adjustment Process on Youth Social Environment at YPAC (Disabled Children's Education Foundation) I Kota Banda Aceh. The purposes of this research were to explain interpersonal communication of deaf and mute students at YPAC (Disabled Children's Education Foundation) I Banda Aceh City in adjusting to the social environment in adolescence and to find out the efforts of the students in overcoming the barriers of interpersonal communication in the adjustment. The theory used in this research was symbolic interaction theory. The approach used was qualitative approach with descriptive type.The technique of informant selection was purposive sampling. Five informants were selected with criteria: are students at YPAC Foundation Banda Aceh, are 16-21 years old of age, and are the students who get approval from the teachers at YPAC since in conducting research they will be accompanied by the teacher concerned. Data collection techniques used was deep interview and observation. The result of the research showed interpersonal communication of deaf and mute students in interacting by using fingers alphabet sign language, gestures and writing. Efforts conducted were by mixing and mingling like other normal children, understanding the circumstances in the social environment, looking for people who want to communicate and accept the shortcomings of the other deaf and mute.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

FISIP

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JIMFISIP menerbitkan artikel ilmiah mahasiswa dari delapan Program Studi, yaitu Prodi Sosiologi, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Pemerintahan. JIMFP terbit satu volume dan empat nomor dalam setahun, yaitu bulan Februari, Mei, Agustus dan ...