Beta: Jurnal Tadris Matematika
Vol. 4 No. 1 (2011): Beta Mei

Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Sebagai Basis Pembelajaran Matematika

Hapipi Hapipi (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
22 May 2011

Abstract

Pembelajaran matematika realistik, pembelajaran diawali dengan menggunakan masalah kontekstual, masalah yang berkaitan langsung dengan lingkungan keseharian atau pengetahuan yang telah dimiliki siswa. Pembelajaran tidak dimulai dari sistem formal matematika. Masalah kontekstual yang diangkat sebagai topik awal pembelajaran harus merupakan masalah sederhana yang dikenali oleh siswa. Ada tiga prinsip utama dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PMR, yaitu: 1) guided reinvention and progressive mathematizing; 2) didactical phenomenology; dan 3) self-developed models. Selain itu, akan ditampilkan bagaimana menerjemahkan pembelajaran matematika realistic ke dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

betaJTM

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Bετα: Jurnal Tadris Matematika (p-ISSN: 2085-5893 | e-ISSN: 2541-0458) is scientific, peer-reviewed, and open access journal published by Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram in collaboration with Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan Matematika PTKIN (Ad-Mapeta) half-yearly on May ...