Abstrak Proses pengajaran yang berlangsung dengan baik akan berdampak terhadap meningkatnya pemahaman peserta didik. Di lembaga pendidikan tinggi, secara umum proses pendidikan dan pengajaran di lakukan ruangan kelas berbasis mata kuliah. Untuk meningkatkan softskill mahasiswa dapat diterapkan melalui penyediaan bahan ajar dan perubahan metode pembelajaran yang dilakukan oleh tenaga pengajar. Metode SCL (Student Centered Learning ) dan RC (Round Club) merupakan metode pembelajaran yang bersifat mahasiswa aktif. Melalui metode tersebut diharapkan terjadi peningkatan softskill dan hardskill peserta didik. Dalam melakukan analisa terhadap peningkatan softskill dan hardskill mahasiswa seorang tenaga pengajar sering tidak konsisten dengan penilaian. Hal ini disebabkan karena seorang tenaga pengajar sering memberikan penilaian secara subjektif, yang seharusnya penilaian dilakukan secara objektif. Untuk membantu tenaga pengajar dalam melakukan pengambilan keputusan dan menjaga tingkat konsistensi dalam menganalisis penilaian terhadap peningkatan softskill dan hardskill mahasiswa dapat dilakukan dengan menggunakan machine learning. Dari penelitian ini di peroleh bahwa dengan adanya kombinasi pembelajaran, hardskill dan softskill mahasiswa dapat meningkat
Copyrights © 2016