cover
Contact Name
Tonni Limbong, S.Kom.,M.Kom
Contact Email
tonni.budidarma@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
tonni.budidarma@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas
ISSN : 25481916     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Terbit Setiap Bulan Juni dan Desember Setiap Tahunnya. Jurnal ini Media publikasi untuk bidang Ilmu Komputer seperti Teknologi dan Jaringan, Sistem Cerdas, Web, Mobile, Sistem Pendukung Keputusan, Cloud Computing, Citra, Krpitografy dan yang lainnya.
Arjuna Subject : -
Articles 211 Documents
Artificial Intelligence (AI) Susun Angka Bentuk Kotak 4 X 4 Menggunakan Pencarian Heuristik Dengan Algoritma Bfs Lamria Manalu; Andy Paul Harianja
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 3 No 1: Tahun 2018
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (651.915 KB) | DOI: 10.17605/jti.v3i1.239

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam literatur-literatur dapat ditemukan berbagai jenis permainan angka. Keunikan dari permainan-permainan angka ini menjadikan permainan ini sangat mengasyikkan, dan sekaligus dapat digunakan untuk melatih kecerdasan. Permainan pergeseran angka biasanya dimainkan dalam bintang berkaki lima atau berkaki enam. Jenis permainan ini cenderung lebih mudah untuk dimainkan dan diselesaikan. Permainan ini akan menjadi jauh lebih rumit dan sukar apabila dimainkan dalam wadah yang berbentuk kotak. Bentuk wadah ini menyebabkan arah proses pergeseran angka menjadi terbatas. Permainan pergeseran angka dalam kotak ini sangat rumit dan sukar untuk diselesaikan secara manual. Oleh karena itu, penulis berusaha untuk merancang sebuah perangkat lunak yang dapat mencari solusi terpendek bagi permainan ini dengan menggunakan bantuan pohon pelacakan.
Implementasi Data Warehouse pada Perpustakaan Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara Lamhot Sitorus; Titi Renova R. Simbolon
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 1 No. 2 Tahun 2016
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.44 KB) | DOI: 10.17605/jti.v1i2.28

Abstract

Abstrak Teknologi data warehouse merupakan suatu konsep pengolahan data. Dimana data data di suatu lembaga didistribusikan dan dikumpulkan dalam suatu tempat penampungan yang nantinya akan di olah untuk berbagai keperluan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah implementasi data warehouse. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan konsep data warehouse di perpustakaan UNIKA SANTO THOMAS SUMATERA UTARA. Hasil yang didapat adalah data dari proses transaksi didistribusikan ke database penampungan (datawarehouse) untuk pembuatan laporan
Perancangan Aplikasi Pembelajaran Matematika Pada Tingkat SD Dengan Metode Computer Asisted Intruction (CAI) Ayu Anggraini; Denni M Rajagukguk
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 2 No. 1 Tahun 2017
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (738.959 KB) | DOI: 10.17605/jti.v2i1.46

Abstract

Abstrak Pembelajaran yang dilakukan saat ini masih banyak yang menggunakan pembelajaran bersifat konvensional, dimana para guru hanya berdiri menulis di papan tulis kemudian siswa diminta mencatat dan menghafal materi yang disampaikan tadi. Pembelajaran seperti ini cenderung membuat para siswa jenuh, sehingga siswa kurang berminat untuk mengikuti pembelajaran tersebut. Sehingga para siswa kurang berprestasi, dan mereka cenderung lebih suka bermain-main dari pada mengikuti pelajaran. Untuk mengatasi masalah di atas diperlukan teknologi komputerisasi yang memungkinkan permasalahan-permasalahan tersebut dapat diatasi yaitu dengan cara memadukan fungsi perangkat komputer dengan manusia, maka dibuatlah media pembelajaran Matematika. CAI bergantung pada kecakapan pengembangan instruksional dan kemampuan komputer yang berbeda-beda. Beberapa sistem juga menggunakan media lain seperti film bingkai untuk memberi siswa bermacam-macam stimuli yang memungkinkan lebih banyak wawasaan dalam metode pembelajaran. Pembelajaran seperti ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa,
Reduksi Noise Pada Citra Digital Menggunakan Metode Arithmatic Mean Filter Pandi Barita Nauli Simangunsong
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 2 No. 2 Tahun 2017
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.828 KB) | DOI: 10.17605/jti.v2i2.192

Abstract

Citra adalah representasi dari sesuatu yang disajikan dalam bentuk yang berbeda namun secara real dan sangat umum digunakan untuk keperluan pribadi atau umum sesuai kebutuhan, gambar yang terkena kebisingan atau noise dimana gambar yang terpapar noise akan terlihat bintik hitam yang menempel. foto. Kebisingan yang melekat pada gambar perlu ditangani dengan cara mereduksinya agar lebih jelas dengan metode filter mean arithmatic yang dapat mengurangi noise pada gambar gambar digital jauh lebih jelas setelah dikurangi.
Artificial Intelligence (AI) Susun Angka Bentuk Kotak 4 X 4 Menggunakan Pencarian Heuristik Dengan Algoritma BFS Lamria Manalu; Lamhot Sitorus
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 2 No. 1 Tahun 2017
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (865.214 KB) | DOI: 10.17605/jti.v2i1.39

Abstract

Abstrak Dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam literatur-literatur dapat ditemukan berbagai jenis permainan angka. Keunikan dari permainan-permainan angka ini menjadikan permainan ini sangat mengasyikkan, dan sekaligus dapat digunakan untuk melatih kecerdasan. Permainan pergeseran angka biasanya dimainkan dalam bintang berkaki lima atau berkaki enam. Jenis permainan ini cenderung lebih mudah untuk dimainkan dan diselesaikan. Permainan ini akan menjadi jauh lebih rumit dan sukar apabila dimainkan dalam wadah yang berbentuk kotak. Bentuk wadah ini menyebabkan arah proses pergeseran angka menjadi terbatas. Permainan pergeseran angka dalam kotak ini sangat rumit dan sukar untuk diselesaikan secara manual. Oleh karena itu, penulis berusaha untuk merancang sebuah perangkat lunak yang dapat mencari solusi terpendek bagi permainan ini dengan menggunakan bantuan pohon pelacakan. Dengan alasan diatas maka penulis merancang suatu perangkat lunak yang dapat mencari solusi terpendek dari permainan pergeseran angka dalam kotak. Bentuk kotak 4 x4 , dengan jumlah titik (node) dalam kotak sebanyak 16 buah, dan jumlah titik yang dapat diisi adalah sebanyak 15 buah.
Kompresi File Citra Digital Dengan Arithmetic Coding Fricles Ariwisanto Sianturi
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 3 No 1: Tahun 2018
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.301 KB) | DOI: 10.17605/jti.v3i1.245

Abstract

Pada dasarnya ada tiga bidang yang menangani pengolahan data berbentuk citra, yaitu: grafika komputer, pengolahan citra, dan visi komputer. Pada bidang grafika komputer banyak dilakukan proses yang bersifat sintesis yang mempunyai ciri data masukan berbentuk deskriptif dengan keluaran hasil proses yang berbentuk citra. Sedangkan proses di dalam bidang visi komputer merupakan kebalikan dari proses grafika komputer. Terakhir, bidang pengolahan citra merupakan proses pengolahan dan analisis citra yang banyak melibatkan persepsi visual, yakni data masukan maupun data keluarannya berbentuk citra. Pada pengolahan citra terdapat enam jenis operasi pengolahan, yaitu peningkatan kualitas citra, restorasi citra, kompresi citra, segmentasi citra, analisis citra, dan rekonstruksi citra. Pada umumnya informasi yang ada dalam suatu citra terletak pada strukturnya. Agar mudah memahami suatu citra dapat dilakukan dengan menyederhanakan struktur citra tersebut. Pada pengolahan citra terdapat enam jenis operasi pengolahan, yaitu peningkatan kualitas citra, restorasi citra, kompresi citra, segmentasi citra, analisis citra, dan rekonstruksi citra. Pada umumnya informasi yang ada dalam suatu citra terletak pada strukturnya. Agar mudah memahami suatu citra dapat dilakukan dengan menyederhanakan struktur citra tersebut.
Implementasi Algoritma K-Means Clustering Pada Analisis Penyebaran Penyakit Pasien Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Parasian D P Silitonga; Romanus Damanik
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 1 No. 2 Tahun 2016
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.729 KB) | DOI: 10.17605/jti.v1i2.34

Abstract

Abstract Clustering technique is a technique of grouping of records in a database based on certain criteria. The clustering results are given to the end user to provide a snapshot of what is happening in the database. One method that can be used in clustering technique is a method of K-Means Clustering. K-Means Clustering method divides the data into multiple groups and can accept input in the form of data without a label. This study used the method K-Means Clustering data disease patients in an effort to find the tendency of the disease in a group of people who went to Haji Adam Malik Hospital in Medan. The results of this study are expected to be used as a reference for health education programs at once may be the anticipation of a priority service for patients especially BPJS users.
Analisis Perbandingan Algoritma Rabin-Karp Dan Levenshtein Distance Dalam Menghitung Kemiripan Teks Andry Hery Purba; Zakarias Situmorang
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 2 No. 2 Tahun 2017
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (895.992 KB) | DOI: 10.17605/jti.v2i2.187

Abstract

Dalam dunia plagiarisme (penjiplakan) yang semakin marak terjadi di era modern saat ini, dimana dunia plagiarisme mudah dilakukan karena semakin majunya teknologi informasi. Terjadinya plagiarisme disebabkan karena kebiasaan peneliti yang malas dan ingin serba cepat dalam menyelesaikan tugas-tugasnya, sehingga kemungkinan peneliti akan mencari referensi yang terkait baik di internet maupun perpustakaan. Oleh karena itu karena itu diperlukan suatu aplikasi yang baik untuk menyelesaikan persoalan-persoalan di atas. Tugas akhir ini bertujuan untuk mendeteksi tingkat kemiripan teks berupa algoritma pencocokan string atau katadengan menggunakan algoritma Rabin-Karp dan Levenshtein Distance. Proses yang harus dilakukan dalam sistem adalah proses preprocessing pada masing-masing algoritma dan kemudian menghitung tingkat kemiripan teks menggunakan algoritma Rabin-Karp dan Levenshtein Distance. Sehingga mendapatkan hasil dari kedua algoritma yang ada pada sistem untuk dianalisis perbandingan hasilnya berupa grafik. Pada pengujian peneliti menggunakan dokumen teks dengan tipe .pdf dan berbahasa Indonesia.
Sistem Penempatan Pegawai Dengan Menggunakan Hungarian Method (Studi Kasus : YPPSU) Desinta Purba
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 3 No 1: Tahun 2018
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.23 KB) | DOI: 10.17605/jti.v3i1.240

Abstract

Keberhasilan suatu lembaga dapat dilihat dari sistem pengelolaan sumber daya manusia yang tersedia. Agar tujuan dari suatu organisasi dapat tercapai maka perlu pengolahan terhadap sumber daya manusia yaitu berupa rotasi jabatan. Rotasi jabatan merupakan proses penempatan dan pendayagunaan SDM di suatu perusahaan untuk tujuan efektifitas dan efisiensi serta pengembangan bagi SDM. Melalui rotasi karyawan selain berguna bagi karyawan juga berguna bagi perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Rotasi karyawan dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat kejenuhan karyawan serta menambah pengalaman kerja karyawan. Pergantian atau rotasi karyawan sering dilakukan oleh pimpinan perusahaan. Untuk memperluas wawasan dan pemahaman kerja karyawan dapat dilakukan melalui rotasi karyawan. Dalam penempatan karyawan untuk memperoleh hasil kerja optimal, maka dapat digunakan Hungarian method dalam penempatan karyawan di perusahaan-perusahaan. Hungarian method merupakan metode untuk menentukan alokasi sumber daya ke suatu tugas tertentu secara satu persatu (one by one). Tergantung kepada informasi yang ada. Penyelesaian masalah dengan Hungarian method dapat diarahkan kepada maksimisasi atau minimisasi. Yayasan pengembangan Profesi Sumatera Utara memiliki 4 pegawai yang masing-masing menempati 4 bagian. Ke-4 pegawai tersebut secara priodik dilakukan rotasi untuk mengurangi kejenuhan dan menambah pengalaman kerja pegawai tersebut. Rotasi yang dilakukan sudah sebanyak 5 kali. Hasil penempatan karyawan dengan menggunakan Hungarian method lebih optimal dibandingkan dengan sistem rotasi yang sudah dilakukan selama ini. Rata-rata total kinerja pegawai dengan rotasi yang sudah dilakukan selama ini sebesar 300,8. Penempatan pegawai dengan menggunakan metode Hungarian total kinerja pegawai sebesar 317. Kenaikan kinerja dengan metode Hungarian meningkat sebesar 16,2 atau 5,11%
OPTIMASI PENJADWALAN MATA KULIAH FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KATOLIK SANTO THOMAS SUMATERA UTARA DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA Parasian D P Silitonga; Natal P Pasaribu
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 1 No. 2 Tahun 2016
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17605/jti.v1i2.29

Abstract

Abstrak Pada penelitian ini dilakukan pengembangan sistem aplikasi penjadwalan mata kuliah dengan mengimplementasikan algoritma genetika. Sebagai ujicoba kemampuan sistem yang dikembangkan untuk pembuatan jadwal mata kuliah, digunakan datamata kuliah pada Fakultas Ilmu KomputerUniversitas Katolik Santo Thomas. Implementasi perangkat lunak yang dikembangkan, diujicobakan pada tiga kelompok data dengan jumlah mata kuliah setiap kelompok data berbeda-beda. Dari ujicoba ketiga kelompok data didapatkan hasil yakni, algoritma genetika cukup baik digunakan sebagai algoritma membuat jadwal mata kuliah, hal ini dapat dilihat dari hasil ujicoba I sampai dengan ujicoba III yang telah dilakukan. Keberhasilan ini dapat dilihat dari nilai fitness sama dengan nol yang dihasilkan setiap kali ujicoba, yang menandakan bahwa jadwal yang dihasilkan sudah tidak ada bentrok.

Page 1 of 22 | Total Record : 211