JURNAL PENDIDIKAN DAN KEPENGAWASAN
Vol 2, No 2: OKTOBER 2015

MODEL SUPERVISI PENGEMBANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN PROPOSAL PTK DI SMK

Ginting, Siti Anggraini (Unknown)
Ambarita, Biner (Unknown)
Siburian, Paningkat (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru matematika menyusun proposal PTK melalui penerapan model supervisi pengembangan di SMK Negeri 1 Merdeka Kabupaten Karo. Subjek penelitian ini adalah guru–gurupadaSMK Negeri 1Merdeka Kabupaten Karo berjumlah 10 orang guru dengan kriteria guru mata pelajaran Matematika. Subjek ditentukan dengan cara purposive. Instrumen penelitian untuk mengetahui kemampuan guru menyusun proposal PTK digunakan pedoman wawancara dan daftar cocok. Sedangkan untuk mengamati kegiatan model supervisi pengembangan untuk meningkatkan kemampuan guru menyusun proposal PTK digunakan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus.Hasil penelitian adalah penilaian kemampuan guru Matematika menyusun proposal PTK setelah dilakukan model supervisi pengembangan pada siklus I tergolong dalam kategori kurang dengan nilai 64,4 dan pada siklus II tergolong dalam kategori baik dengan nilai 86,4. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan model supervisi pengembangan dapat meningkatkan kemampuan guru matematika menyusun proposal PTK di SMK Negeri 1 Merdeka Kabupaten Karo.

Copyrights © 2015