Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika)
2017: Prosiding SNPF III "Etnosains dan Peranannya Dalam Menguatkan Karakter Bangsa"

The description of teacher's difficulties in implementing poe learning model

Arifian Dimas (Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Sarwanto Sarwanto (Universitas Sebelas Maret Surakarta)
A Suparmi (Universitas Sebelas Maret Surakarta)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2016

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik (pendekatan ilmiah). Pendekatan saintifik bertujuan agar siswa mampu mengolah pemikiran mereka sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan  kesulitan guru dalam melaksanakan model pembelajaran POE. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sampel diambil dari 1 guru fisika dan  30 siswa kelas XI Sman 1 Sumberlawang Sragen, 1 guru fisika dan 30 siswa kelas XI Sman 1 Sambungmacan, serta 1 guru dan 30 siswa kelas XI Man 2 Kediri. Data dikumpulkan melalui lembar pengamatan kepada guru, angket siswa, dan wawancara. Temuan dalam penelitian pendahuluan ini adalah  guru sudah melaksanakan model pembelajaran POE namun masih mengalami beberapa kendala atau kelemahan diantaranya kurangnya apersepsi dari guru ke siswa tentang permasalahan yang akan dibahas, guru belum mengarahkan siswa untuk membuat hipostesis (dugaan awal) tentang permasalahan yang akan di analisis,persiapan guru dalam eksperimen masih kurang, guru masih belum mampu membimbing siswa untuk menemukan persamaan dari data hasil percobaan, guru belum mengarahkan siswa untuk membuat hasil kesimpulan dari percobaan.

Copyrights © 2017