Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika)
2017: Prosiding SNPF III "Etnosains dan Peranannya Dalam Menguatkan Karakter Bangsa"

Physics learning through inquiry based on the learning disciplines

Sularso Sularso (Universitas Sebelas Maret)
Widha Sunarno (Universiats Sebelas Maret)
Sarwanto Sarwanto (Universitas Sebelas Maret Surakarta)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan pada pembelajaran inkuiri inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Polokarto tahun pelajaran 2016/2017. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling terdiri 1 kelas yaitu kelas XI IPA 2 dengan inkuiri terbimbing. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk prestasi belajar belajar, dan teknik angket untuk mendapatkan data kedisiplinan belajar peserta didik.  Analisis yang digunakan adalah Uji Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung = 6,557 lebih besar dari t tabel = 3,388. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh  kedisiplinan belajar  prestasi belajar peserta didik melalui Pembelajaran inkuiri terbimbing

Copyrights © 2017