Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran
Vol 7, No 02 (2017)

Efektivitas Model Pembelajaran Clis Berbantuan Media Slide Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA

Riska Fajar Ayu Kusuma Wardani (Universitas PGRI Madiun)
Moh. Rifai (Universitas PGRI Madiun)
Titin Kuntum Mandalwati (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini didasari fakta bahwa siswa kelas V SDN Pulerejo jarang melakukan percobaan sehingga hasil belajar IPA rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran CLIS berbantuan media slide powerpoint terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Pulerejo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Quasy Eksperimental Design dan desain penelitian posttest only control design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN Pulerejo dengan sampel 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa sebagai kelas kontrol. Sampel ditentukan menggunakan simple random sampling dengan teknik lotre. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode statistik rumus uji-t dengan taraf signifikan 5% dan dk=40. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung lebih besar dari ttabel=2,340>1,68385 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 82,36 lebih besar dari kelas kontrol 74,20. Dapat disimpulkan bahwa ada efektivitas model pembelajaran CLIS  berbantuan media slide powerpoint terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Pulerejo Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PE

Publisher

Subject

Education

Description

PREMIERE EDUCANDUM: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and ...