Eco-Entrepreneur
Vol 2, No 2 (2016): DESEMBER

STRATEGI EVENT ORGANIZER (EO) PT. SAFIS KARYA SENTOSA PAMEKASAN DALAM MENGGERAKKAN BISNIS INDUSTRI KREATIF DI MADURA

Dedy Arfiyanto (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wiraraja Sumenep)
RB. Imam Faris (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wiraraja Sumenep)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2018

Abstract

 ABSTRAKPenelitian ini dilakukan di PT. Safis Karya Sentosa Pamekasan yang bertujuan untukmengetahui dan menggambarkan strategi pemasaran Event Organizer (EO) PT. Safis Karya Sentosa Pamekasan dalam menggerakkan bisnis industri kreatif di Madura melalui Analisis SWOT untuk menemukan strategi-strategi alternatif yang dapat digunakan perusahaan sebagai referensi dalam membangun kondisi yang diharapkan.Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan analisis SWOT menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Data Kuantitatif dianalisis dengan IFAS dan EFAS untuk kemudian dimasukkan pada matrik IE, sedangkan data kualitatif dianalisis dengan Matrik Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Safis Karya Sentosa Pamekasan masih memimpin pasar dengan memusatkan strategi pada kualitas pelayanan yang baik. Analisis SWOT menunjukkan posisi EO PT. Safis Karya Sentosa Pamekasan berada di kuadran I yang berarti Event Organizer PT. Safis Karya Sentosa Pamekasan memiliki kekuatan internal perusahaan dan peluang lingkungan yang besar, maka strategi yang sesuai untuk digunakan adalah strategi growth (bertumbuh) untuk memaksimalkan kekuatan internal dan peluang perusahaan.  Dari beberapa jenis strategi growth, untuk mendapatkan strategi yang cocok, maka dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan Internal-Eksternal Matriks, dan hasilnya posisi EO PT. Safis Karya Sentosa Pamekasan berada di daerah sel I yaitu dengan strategi intensif melalui penetrasi pasar, pengembangan produk/layanan atau integratif. ABSTRACTThis research was conducted at PT. Safis Karya Sentosa Pamekasan that aims to identify and describe the marketing strategy Event Organizer (EO) PT. Safis Karya Sentosa Pamekasan in moving the creative industry in Madura through a SWOT analysis to find alternative strategies that can be used by companies as a reference in establishing the expected conditions. The study was conducted using a descriptive method using a SWOT analysis of quantitative and qualitative data. The quantitative data were analyzed with IFAS and EFAS to then put on IE matrix, whereas qualitative data were analyzed using SWOT Matrix Analysis. The results showed that PT. Safis Karya Sentosa Pamekasan still leads the market with a strategy focusing on good service quality. SWOT analysis shows the position of EO PT. Safis Karya Sentosa Pamekasan is in quadrant I, which means the event organizer PT. Safis Karya Sentosa Pamekasan have the internal strength of companies and environmental opportunities is large, then the appropriate strategy to use is the growth strategy (growing) to maximize internal strengths and opportunities of the company. Of the several types of growth strategies, to obtain a suitable strategy, then further analyzed using the Internal-External Matrix, and the result is the position of EO PT. Safis Karya Sentosa Pamekasan located in the cell area of I that the intensive strategy through market penetration, product / service development or integrative.

Copyrights © 2016