JKP (Jurnal Konseling dan Psikoedukasi)
Volume 2, Number 2, December 2017

HUBUNGAN ANTARA PERILAKU KONFORMITAS NEGATIF TEMAN SEBAYA DENGAN KENAKALAN REMAJA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SINDUE

Novianti, Novianti (Unknown)
Munir, Abd (Unknown)
Munifah, Munifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2017

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini  adalah bagaimana Perilaku Konformitas Negatif Teman Sebaya dan bagaimana Kenakalan Remaja siswa serta apakah ada hubungan yang positif antara Perilaku Konformitas Negatif Teman Sebaya dengan Kenakalan Remaja siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sindue. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk  mengidentifikasi bagaimana perilaku konformitas negatif teman sebaya,  serta untuk mengidentifikasi ada tidaknya hubungan positif antara perilaku konformitas negatif teman sebaya dan bagaimana kenakalan remaja siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 125 siswa. Adapun cara untuk mengumpulkan data penelitian ini dengan menggunakan angket perilaku konformitas negatif teman sebaya dan angket kenakalan remaja. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik presentase, sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan teknik korelasi product moment pada taraf signifikansi 95%. Berdasarkan hasil perhitungan secara deskriptif diperoleh 21.6% siswa yang memiliki perilaku konformitas negatif teman sebaya yang sangat tinggi, 36% siswa yang memiliki perilaku konformitas negatif teman sebaya yang tinggi, 22.4% siswa yang memiliki perilaku konformitas negatif teman sebaya yang rendah dan20% siswa yang memiliki perilaku konformitas negatif teman sebaya yang sangat rendah. Selanjutnya 43.2% siswa yang memiliki kenakalan remaja yang tidak nakal, 34.4% siswa yang memiliki kenakalan remaja yang kurang, 11.2% siswa yang memiliki kenakalan remaja yang nakal dan sangat nakal. Pengujian hipotesis, menunjukkan bahwa rhitung>r tabel atau 0,244> 0,176. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif antara Perilaku Konformitas Negatif Teman Sebaya dengan kenakalan remaja.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Konseling dan Psikoedukasi dengan e-ISSN: 2502-4000 merupakan jurnal elektronik dan media komunikasi ilmiah yang berisi ringkasan hasil-hasil penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling serta kajian psikologi dalam terapan ilmu pendidikan yang diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu ...