Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru di era globalisasi dan pentingnya pendidikan karakter di era globalisasi. penelitian ini adalah studi pustaka yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologis, psikologis, dan teologi normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sebagai pendidik memiliki peran penting dalam kehidupan global. Tugas-tugas guru antara lain sebagai motivator, fasilitator, pengorganisasi, imforman, dan konselor. Dalam menghadapi tantangan globalisasi guru harus memberikan contoh teladan dengan cara meningkatkan mutu guru, membudayakan karakter yang baik, membuat tata tertib yang mengarah pada nilai-nilai karakter, dan membangaun karakter Qur’ani di era globalisasi. The aim of this research was to determine the role of teachers in the globalization era and the importance of character education in the globalization era. This study is a literature study that used descriptive qualitative using sociological, psychological, and theological normative approach. The results showed that teachers as educators have important role in the global life. The tasks of teachers, among others as a motivator, facilitator, organizers, imforman, and counselors. In facing globalization challenges, teachers must give good example by improving the quality of teachers, developing the good character, making the roles that led to the character values, and developing Qur'ani character in the globalization era.
Copyrights © 2017