JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner)
2017: JPPI Volume 1 Nomor 2 Desember 2017

Peningkatan Hasil Belajar IPA Konsep Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan melalui Penggunaan Media Visual pada Siswa Kelas IV SD DDI Polewali Kabupaten Polewali Mandar

Hasmawati Hasmawati (IAI DDI Polewali Mandar)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan aktivitas belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui media visual pembelajaran IPA. Subjek penelitian siswa Kelas IV SD DDI Polewali Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar yang berjumlah 21 siswa. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus dan data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi pembelajaran menggunakan kuis disertai umpan balik merupakan strategi pembelajaran efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas IV SD DDI Polewali Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. This research is a class action reseach that aimed at increasing the activity of learning and improving student learning outcomes through visual media of science. Subject of research was Class IV student SD DDI Polewali Mandar which consisted of 21 students. Implementation of this research consisted of two cycles and the collected data were analyzed using qualitative and quantitative analysis. Results showed the application of learning strategies using quizzes with feedback was an effective learning strategies to enhance the students’ activity and learning outcomes of class IV SD DDI Polewali Mandar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner (JPPI) published by IAI DDI Polewali Mandar, jornals are published twice a year in Juni dan Desember. This journal Contains articles of thought and research results in Islamic education disciplines. This journal warmly welcomes contributions from ...