Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan simulasi sebagai teknik bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan konflik di SMK Negeri 1 Polewali. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Polewali sebanyak 15 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis t-tets. Tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan konflik di SMK Negeri 1 Polewali mengalami peningkatan. Tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan konflik dominan dalam kategori tinggi sebanyak 10 responden (66,67%), kategori sangat tinggi sebanyak 2 resonden (13,33%), dan kategori sedang sebanyak 3 responden (20%). This study aims to determine the effect of the simulation games implementation as group counseling techniques to improve the ability of resolving conflicts at SMK Negeri 1 Polewali. This research subject are student of class XI at SMK Negeri 1 Polewali as many as 15 students. Data analysis technique used is descriptive and t-test analysis. The level of students' skills in resolving conflicts in SMK Negeri 1 Polewali increased. The level of students' skills in resolving conflicts dominantly are in the high category as many as 10 respondents (66.67%), very high category as much as 2 respondent (13.33%), and moderate category as many as three respondents (20%).
Copyrights © 2017