JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner)
Vol 1 No 1 (2017): JPPI Volume 1 Nomor 1 Juni 2017

Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Polewali Kab. Polewali Mandar

Mustapa T (IAI DDI Polewali Mandar)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) yang dilaksanakan mengingat rendahnya hasil belajar PKn Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Polewali Kab. Polewali Mandar. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Polewali Kab. Polewali Mandar dengan jumlah Siswa 23 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Hasil dari penelitian menunjukkan ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 39,1 % yang masuk kategori tuntas dan 60,9 % yang masuk kategori tidak tuntas, pada siklus II sebesar 86,9 % yang masuk kategori tuntas dan 13,0 % yang masuk kategori tidak tuntas. Adapun skor ratarata hasil tes dari setiap siklus dapat dilihat pada siklus I dengan skor rata-rata 56,3 berada dalam kategori sedang. Dan pada siklus II dengan skor rata-rata 73,0 berada dalam kategori tinggi. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Polewali Kab. Polewali Mandar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner (JPPI) published by IAI DDI Polewali Mandar, jornals are published twice a year in Juni dan Desember. This journal Contains articles of thought and research results in Islamic education disciplines. This journal warmly welcomes contributions from ...