JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner)
Vol 1 No 1 (2017): JPPI Volume 1 Nomor 1 Juni 2017

Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Blended Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa

Muh. Mihram Rahman (IAI DDI Polewali Mandar)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini secara rinci bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh strategi pembelajaran berbasis blended learning terhadap hasil belajar mahasiswa. Rancangan penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design atau rancangan eksperimen semu. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Pedidikan Jasmani FIK Universitas Negeri Malang 2014 yang terdaftar pada mata kuliah Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada semester genap Januari-Juni 2016/2017. Sedangkan yang menjadi sampel adalah mahasiswa kelas A dan kelas B yang masingmasing berjumlah 32 orang. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini adalah teknik tes. Alat pengumpul data berupa lembaran tes yang diujikan kepada siswa sebanyak 40 butir soal dengan 5 option. Analisis hipotesis dengan uji thitung = 3.29 dan harga ttabel = 2,000 ini berarti thitung tidak berada pada daerah penerimaan H0 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya “Pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis blended learning berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan jasmani pada mata kuliah Teknologi Pembelajaran Penjas.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner (JPPI) published by IAI DDI Polewali Mandar, jornals are published twice a year in Juni dan Desember. This journal Contains articles of thought and research results in Islamic education disciplines. This journal warmly welcomes contributions from ...