Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan yangsesuai bagi desa wisata Undisan. Wawancara dan penyebaran kuesioner dilakukankepada 12 orang stakeholder dan 18 wisatawan, guna mendapatkan data yangmendalam sehingga layak dianalisis. Data dipaparkan secara deskriptif kualitatifdan dianalisis dengan SWOT, untuk mengukur faktor internal (kekuatan dankelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) dari desa wisata Undisan. Hasil penelitian menunjukkan adanya alternatif strategi jangka pendek (1-5 tahun) yang meliputi revitalisasi lembaga formal, pemberdayaan masyarakat lokal, kampanye peduli lingkungan, redesain produk dan kerjasama dengan pihak lain untuk membangun kekuatan. Alternatif strategi jangka panjang (6-10 tahun) yang meliputi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan produk, penyuluhan akan kelemahan dan ancaman secara berkala dan berkelanjutan, peningkatan mutu lingkungan fisik, dan penetapan batas wilayah desa yang definitif.
Copyrights © 2018