JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 3 No 2 (2018): Vol.3 No.2 Januari 2018

ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM NOVEL JOKOWI TUKANG KAYU

FAU, HELNANIRMA SUSANTI (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2018

Abstract

Permasalahan  yang  terdapat  dalam  novel  Jokowi Si Tukang Kayu karya Gatotkoco Suroso sangatlah  kompleks. Permasalahan-permasalahan tersebut antara lain: masalah keluarga, sekolah, pekerjaan, keuangan dan pemerintahan. Permasalahan tersebut menyebabkan perubahan psikis dalam kehidupan kehidupan tokoh utama pada novel tersebut. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Jokowi Si Tukang Kayu karya Gatotkoco Suroso (2)  mengetahui    relevansi  novel  Jokowi Si Tukang Kayu terhadap  pembelajaran  pendidikan  karakter  di SMA.  Jenis  penelitian tergolong  penelitian  deskriptif  kualitatif  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  data  apa adanya  dan  menjelaskan  data  tersebut  dengan  kalimat-kalimat  kualitatif.  Subyek penelitian  adalah  novel  Jokowi Si Tukang Kayu karya Gatotkoco Suroso,  sedangkan  objeknya adalah  nilai-niai  pendidikan  karakter  dalam  novel  Jokowi Si Tukang Kayu karya Gatotkoco Suroso serta implikasinya dalam pembelajaran di SMA.  Metode  pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  metode dokumentasi,  data  yang  diperoleh  dianalisis  dengan  menggunakan  teknik  analisis deskriptif  kualitatif.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  (1)  nilai-nilai  karakter  yang terkandung  dalam  novel  Jokowi Si Tukang Kayu karya Gatotkoco Suroso  ada  5  yaitu,  nilai  karakter  kerja keras, mandiri, disiplin, jujur, tanggungjawab; (2)  terdapat  relevansi  atau  hubungan  yang  terkait  antara  nilai-nilai  pendidikan karakter  novel  Jokowi Si Tukang Kayu karya Gatotkoco Suroso terhadap  pembelajaran  pendidikan  karakter  di SMA.  Jadi  dalam  novel  Jokowi Si Tukang Kayu karya Gatotkoco Suroso terdapat  nilai-nilai  karakter  yang  dapat dikaitkan dengan pembelajaran pendidikan karakter di SMA. Saran yang ditawarkan yaitu; (1) Hendaknya guru menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada pembelajaran. (2) hendakhnya penelitian ini menjadi bahan perbandingan kepada peneliti selanjutnya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...