Jurnal Pariwisata
Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Pariwisata

Shopping Attributes Berdasarkan Motivasi dan Loyalitas Wisatawan Nusantara Kota Bandung

Nunik Fadjrina (Sekolah Tinggi Pariwiata Bandung)
Vitha Octavanny (Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung)
Wilson Matara (Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2018

Abstract

Wisata belanja adalah salah satu sumber pendapatan pada sebuah destinasi  wisata. Untuk mengoptimalkan pendapatan tersebut, sebuah destinasi perlu memperhatikan shopping attributes yang ditawarkan agar wisatawan mau berbelanja kembali dan bersedia untuk mengatakan hal-hal positif mengenai wisata belanja di Kota Bandung kepada orang lain. Maka, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran shopping attributes berdasarkan motivasi dan loyalitas wisatawan nusantara yang berkunjung ke Kota Bandung. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada 12 partisipan dengan menggunakan metode kualitatif, diketahui bahwa pelayanan karyawan, kenyamanan dan value dari produk yang ditawarkan pada dua kawasan wisata belanja di Kota Bandung memiliki persepsi paling baik diantara komponen shopping attributes lainnya. Wisatawan yang berbelanja ke Kota Bandung sebagian besar dilatarbelakangi oleh motif hedonik dan perilaku wisatawan mencerminkan karakteristik loyalitas. Penelitian berikutnya diharapkan dapat mengkaji lebih luas mengenai shopping tourism dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science

Description

Jurnal PARIWISATA Terbit pertama kali pada 2014. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai Kepariwisataan dan Destinasi Wisata. Dengan lingkup keilmuan pada bidang: 1. Destinasi Pariwisata 2. Kualitas Pelayanan 3. Perhotelan 4. ...