Jurnal Inventa
Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Inventa Maret 2018

PENGARUH PEMBERIAN TUGAS DAN PERILAKU BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SDN 2 LIMBOTO KECAMATAN LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

Dewi Harun (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas dan perilaku belajar siswa terhadap hasil belajar IPA di SDN 2 Limboto Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang diajarkan dengan metode pemberian tugas secara individu dan secara kelompok, 2)Terdapat interaksi antara metode pemberian tugas dengan perilaku belajar siswa yang memberikan pengaruh berbeda terhadap hasil belajar IPA. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA bagi siswa yang memiliki perilaku belajar introvert yang diajarkan dengan pemberian tugas secara individu dan secara kelompok. 4) Menunjukkan bahwa siswa yang memiliki perilaku belajar ekstrovert yang diajarkan dengan metode pemberian tugas secara kelompok memberikan hasil yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pemberian tugas secara individu

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnal_inventa

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Inventa telah terbit online maupun cetak yang memuat artikel ilmiah dari hasil penelitian, studi pustaka, pengamatan atau gagasan atas suatu masalah yang timbul dalam kaitannya dengan perkembangan bidang pendidikan sekolah dasar. ...